APLIKASI KOMPUTER

NAMA : MAYA SOFIANA
NIM : 12.12.0010
KELAS : SI 12 A

MICROSOFT WORD



 Ø Operasi yang dpt digunakan dengan cara blok (copy cut paste)
Menyalin kata/kalimat (Copy)
Menggandakan suatu kata/kalimat tanpa harus menulis ulang
Blok terlebih dahulu kata/kalimat yang akan disalin
Edit 􀃆 Copy
Pindahkan kursor ke lokasi baru
Edit 􀃆 Paste

Memindahkan kata/kalimat (Cut)
Memindah letak suatu kata/kalimat tanpa harus menulis ulang
Blok terlebih dahulu kata/kalimat yang akan dipindah
Edit 􀃆 Cut
Pindahkan kursor ke lokasi baru
Edit 􀃆 Paste

Ø Penggunaan Find n Replace
·                       Klik tab home lalu cari grup editing dan klik Find maka muncul kotak dialog Find and Replace.



 Pada kotak pilihan Find what, tulislah teks yang yang akan dicari
Lalu klik Find Next untuk mencari per kata. Atau klik Find in dan lanjutkan denganmengklik Main Document untuk mencari seluruh kata.
    B.    Mengganti Kata Pada Dokumen
Klik tab home lalu cari grup editing dan klik replace



Pada kotak pilihan Find what tulislah teks yang akan diganti.
Pada kotak pilihan Replace with, tulislah kata yang baru.
Klik replace untuk mengganti satu persatu atau klik replace all untuk mengganti kata yang dimaksud.

Ø Menggunakan page number bullet and numbering
·       Meyisipkan Nomor Halaman (Page Numbers)
1.     Klik insert
Pilih Page Number (atau bisa lihat gambar di bawah ini biar lebih jelas)


  • Setelah itu akan keluar tampilan seperti di bawah ini

Setelah sudah ada tampilan seperti di atas sobat tinggal pilih settingan saja.

·         kolom Position adalah posisi dari nomor yang akan di buat mau berada di atas dokumen atau di bawah dokumen.
·         Kolom Aligment adalah letak dari nomor yang akan di buat, sobat tinggal pilih mau di kanan, kiri, atau tengah tergantung selera.
·         Dibawah kolom Aligment terdapat tombol FORMAT, kalo sobat klik tampilan akan seperti gambar di bawah ini.


  • Di menu format ini sobat bisa pilih jenis nomor apa yang pengen sobat tampilin di page sobat tinggal pilih aja seperti pada gambar di atas.
  • Setelah sudah di pilih-pilih di setting-setting kalo sudah merasa puas tinggal klok OK.

·       Penggunaan Fungsi Bullets and Numbering
Format memilih jenis nomor halaman :
a) Tempatkan kursor pada baris atau paragraf yang akan disisipkan bullets.
b) Klik tab Home, kemudian pada submenu Paragraph pilih tombol Bullet, maka akan tampil kotak dialog sebagai berikut



Gambar 5.46. Pilihan bullets
c) Klik pada tombol Bulleted, dan pilih salah satu bullets yang diinginkan. Klik tombol Define New Bullet untuk memilih jenis lain.
d) Klik OK untuk menutup kotak tersebut.
2) Penomoran Baris
Langkah untuk menggunakan bullets adalah sebagai berikut.
a) Posisikan kursor pada baris atau paragraf yang akan disisipkan nomor baris.
b) Klik tab Home, kemudian pada sub menu Paragraph pilih Numbering.
c) Klik pada tombol Numbered dan pilih salah satu numbering yang diinginkan, kemudian klik OK untuk menutup kotak tersebut.



Gambar 5.47. Pilihan format penomoran angka

Ø Menyisipkan table, Penggunaan fungsi colomn dan sorting
Merancang Tabel
Table 􀃆 Insert 􀃆 Table
Isi berapa kolom yang akan dibuat (number of columns) dan berapa baris yang
akan dibuat (number of rows)
Tempatkan pointer pada salah satu kotak kecil yang berada
digaris atau disudut sampai berubah menjadi panah dua
arah, setelah itu geser (drag) mouse ke arah sesuai dengan
arah panah
Tempatkan pointer pada area gambar sampai berubah
menjadi panah empat arah, setelah itu geser (drag) mouse ke
arah sesuai dengan keinginan
Menyisipkan Kolom dan Baris
Table 􀃆 Insert
Pilih salah satu pilihan
Columns to the left : menyisipkan kolom di sebelah kiri dari kursor
Columns to the right : menyisipkan kolom di sebelah kanan dari kursor
Rows above : menyisipkan baris diatas kursor
Rows below : menyisipkan baris dibawah kursor
Menghapus Kolom dan Baris
Table 􀃆 delete
Pilih salah satu pilihan
Table : menghapus tabel
Column : menghapus kolom dimana kursor berada
Rows : menghapus baris dimana kursor berada

Ø Penggunaan fungsi colomn dan sorting
Untuk membuat kolom tulisan di Microsoft Word 2010 langkah- langkahnya sebagai berikut:
1.     Buat ketikan atau tulisan anda terlebih dahulu,
2.    Selanjutnya blok teks atau tulisan yang akan dibuat menjadi kolom
3.    Pilih menu ribbon Page Layout  >> Columns , Pada popup menu yang muncul anda akan diberikan beberapa pilihan:
§   One : membuat bentuk tulisan 1 kolom (seperti ketikan biasa).
§   Two : membuat tulisan menjadi 2 kolom yang sama besar lebarnya.
§   Three : membuat tulisan menjadi 3 kolom tulisan yang sama besar lebarnya.
§   Left : membuat tulisan menjadi 2 kolom, kolom sebelah kiri lebih kecil dari kolom sebelah kanan.
§   Right : membuat tulisan menjadi 2 kolom, kolom sebelah kanan lebih kecil dari kolom sebelah kiri.
§   More columns : menampilkan pilihan lain untuk pembuatan kolom lebih lanjut.

FUNGSI SORTING
·    Pilih / klik tabel yang akan diurutkan datanya
·    Dari menu Table Tools, klik Layout
  Kemudian Klik tombol Sort untuk mulai mengurutkan data



  Pada dialog Sort yang muncul isikan nilainya
  Pada bagian My List Has, pilih Header Row jika anda melakukan blok cell tabel termasuk Header Row nya, Jika tidak pilih saja No header row.
  Pada bagian Sort by isikan listbox dengan nilai yang tersedia. Jika anda tidak menggunakan header row, maka kolom paling kiri adalah kolom 1.
  Isikan apakah anda ingin mensortir data tabel sebagai number atau teks
  Lalu jika anda ingin membuat urutan dari besar ke kecil (descending) maka anda harus memilih opsi descending, jika tidak maka data anda akan diurutkan dari kecil ke besar (ascending).
  Pastikan bahwa data yang anda gunakan telah sesuai, lalu klik OK.

0 komentar:

Posting Komentar